Manfaat & Manfaat Daun Binahong Untuk Asam Urat Untuk Kesehatan



Manfaat daun binahong untuk asam urat - akan dibahas dalam artikel ini. Binahong adalah tanaman yang dapat hidup di dataran rendah dan di dataran tinggi. Memiliki nama latin Basela rubra linn, tanaman ini berasal dari daratan Cina yang dikenal sebagai Deng san chi yang telah digunakan sebagai obat. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan hingga berat.

Tanaman Binahong adalah jenis tanaman merambat dengan ciri tinggi bisa mencapai 5 meter, warna batang merah saling melilit dan permukaannya halus, daunnya berwarna hijau dengan daun waru berbentuk seperti daun sirih. Kelebihan dari tanaman binahong ini adalah bahwa semua bagian dapat digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan penyakit.
Daun Binahong mengandung cukup banyak antioksidan, fenol, asam arcobik, dan protein yang cukup tinggi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Binahong sebagai Obat Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh zat purin berlebih di dalam tubuh. Purin berasal dari makanan yang kita makan seperti jeroan, makanan yang berasal dari laut, makanan kaleng, telur, kaldu atau daging tebal. Zat purin diproses oleh tubuh menjadi asam urat. Jika kadar asam urat berlebih maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya, maka itu membuat kristal asam urat akan menumpuk di persendian. Akibatnya penumpukan akan terasa nyeri, bengkak, dan meradang di persendian.

Berdasarkan penelitian, daun binahong mengandung saponin, alkaloid, minyak salep, asam oleanotik dan polifenol. Daun binahong juga efektif untuk dibuat sebagai antibakteri karena zat saponin di dalamnya ketika dilarutkan dengan etanol 70%. Dan kandungan alkaloid di daun binahong memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Daun binahong secara empiris mampu membuat asam urat Anda hilang dan juga membuat tubuh menjadi sehat.

Cara menggunakannya sebagai obat asam urat hanya dengan memakannya sebagai sayuran segar atau dengan digunakan sebagai jus yang sudah dicuci terlebih dahulu. Untuk penyakit luar seperti luka juga bisa ditumbuk dan kemudian dioleskan ke luka.
Demikian informasi tentang manfaat daun binahong untuk asam urat. Seperti disebutkan di atas, daun binahong memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Gliserin: Tambahan Murah untuk Rutin Perawatan Wajah Musim Dingin Anda

Kenali jenis-jenis screed utk konstruksi yg tepat

Penyewaan Bus Pariwisata